Author Guidelines

Jurnal Pengabdian Masyarakat Jajama (JPMJ) merupakan jurnal kesehatan atau majalah publikasi ilmiah yang terbit secara berkala oleh Stikes Panca Bhakti Bandar Lampung. Jurnal ini menerima tulisan/artikel berupa penelitian asli yang relevan dengan bidang kesehatan secra umum serta secara khusus bidang keperawatan, Kebidanan dan Administrasi Rumah Sakit, tinjauan pustaka, serta laporan kasus.

 

Petunjuk Umum

JPMJ menerima naskah/manuskrip yang merupakan hasil karya asli dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Naskah yang telah diterbitkan akan menjadi hak milik redaksi dan tidak diperkenankan untuk menerbitkan ulang tanpa persetujuan redaksi. Apabila naskah sedang dalam proses editing, maka tidak diperkenankan memasukkan naskah tersebut pada jurnal lain hingga ada ketetapan bahwa  naskah tersebut telah diterima atau ditolak.

Dalam menjaga kemantapan atau bahkan peningkatan mutu jurnal JPMJ, fungsi penyunting dan mitra bestrari harus dijalankan secara ketat. Begitu suatu jurnal ilmiah terbit, secara tidak langsung telah tercipta saringan terhadap tulisan yang akan dimasukkan.

Naskah harus ditulis dalam bahasa Indonesia, dengan judul, abstrak, dan kata kunci dalam bahasa Indonesia dan Inggris  sesuai dengan format yang telah ditentukan.Seluruh naskah yang telah dikirim ke JPMJ akan disunting oleh dewan editor (editorial board/EB), mitra bestari (MB), dan teknikal editor (TE). JPMJ akan mengirimkan naskah kepada penyunting secara anonim,hal ini dimaksudkan agar identitas penulis dan penyunting dapat dijaga kerahasiaannya.

 

Petunjuk Persiapan Naskah

Persiapan naskah meliputi format pengetikan naskah dan penulisan isi setiap bagian naskah. Penulis perlu memastikan naskahnya tidak ada kesalahan pengetikan. Format Manuskrip, meliputi:

  1. Manuskrip ditulis 2500-3000 kata, jenis huruf Times New Roman dalam ukuran 12 (kecuali judul dengan font 14 dan abstrak font 10), spasi 1,5 pada kertas ukuran A4. Batas margin tulisan pada empat sisi berjarak 2,5 Tanpa Indentasi dan menggunakan spasi antar paragraf.
  2. Nomor halaman ditulis pada tengah bawah.
  3. Gambar dan tabel tidak dikelompokkan tersendiri melainkan terintegrasi dengan naskah/manuskrip.

 

Bagian dari manuskrip/ naskah hasil penelitian ditulis dengan urutan IMRAD. Secara rinci meliputi bagian judul,data lengkap penulis, abstrak ( Indonesia dan Inggris), kata kunci (Indonesia dan Inggris), latar belakang (pada tinjauan pustaka ditulis pendahuluan), metodologi (tidak untuk manuskrip tinjauan pustaka), hasil (tidak untuk manuskrip tinjauan pustaka), pembahasan (tidak untuk manuskrip tinjauan pustaka), kesimpulan (termasuk didalamnya saran),dan referensi/kepustakaan (disarankan menggunakan aplikasi zezero, mendeley, atau endnote.)