Penerapan Teknik Butterfly Hug untuk Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa

  • Feri Agustriyani Universitas Aisyah Pringsewu Lampung
  • Rahma Meliana Universitas Aisyah Pringsewu Lampung
  • Vina Amarazika Universitas Aisyah Pringsewu Lampung
  • Faujiyah Nurul Azizah Universitas Aisyah Pringsewu Lampung
  • Resti Wulandari Universitas Aisyah Pringsewu Lampung
  • Amelia Mubarok Universitas Aisyah Pringsewu Lampung
  • Siti Ayu Fatimah Universitas Aisyah Pringsewu Lampung
  • Rima Putri Maharani Universitas Aisyah Pringsewu Lampung

Abstract

Kecemasan merupakan salah satu bentuk gangguan psikologis yang umum dialami oleh remaja, terutama dalam konteks pendidikan seperti menghadapi ujian nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik Butterfly Hug dalam mengurangi kecemasan akademik pada siswa kelas 9 di SMP Negeri 2 Gading Rejo. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest menggunakan instrumen Academic Anxiety Scale (AAS). Intervensi dilakukan melalui edukasi kesehatan mental, demonstrasi teknik Butterfly Hug, dan afirmasi positif. Hasil pretest menunjukkan bahwa 40% siswa mengalami kecemasan tinggi, 28% kecemasan sedang, 20% ringan, dan 12% tidak cemas. Setelah dilakukan intervensi, hasil posttest menunjukkan penurunan signifikan: kecemasan tinggi turun menjadi 16%, sedang 32%, ringan 36%, dan tidak cemas meningkat menjadi 16%. Hasil ini menunjukkan bahwa teknik Butterfly Hug efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan siswa. Kesimpulannya, penerapan teknik Butterfly Hug merupakan metode relaksasi yang praktis, mudah dilakukan, dan dapat menjadi alternatif intervensi kesehatan mental di sekolah. Disarankan agar teknik ini diintegrasikan dalam program bimbingan konseling serta dilatihkan secara rutin kepada siswa dan guru.

Published
How to Cite
AGUSTRIYANI, Feri et al. Penerapan Teknik Butterfly Hug untuk Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Jajama (JPMJ), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 35-42, aug. 2025. ISSN 2963-8534. Available at: <https://ejournal.pancabhakti.ac.id/index.php/jpmj/article/view/402>. Date accessed: 22 aug. 2025. doi: https://doi.org/10.47218/jpmj.v4i1.402.