Kelas Ibu Hamil Dalam Upaya Deteksi Dini Tanda Bahaya Kehamilan Di Desa Kuanheun Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur

  • Mariana oni betan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panca Bhakti

Abstract

Hasil Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan komplikasi kehamilan berupa bengkak pada kaki disertai kejang di Provinsi Nusa Tenggara Timur masih tinggi (4,7%) dibandingkan dengan proporsi nasional (2,7%). Hipertensi dalam kehamilan menjadi penyebab kelahiran bayi dengan berat badan lahir rendah. Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang tahun 2013 menunjukkan Kecamatan Kupang Barat menempati urutan ketiga persentase bayi berat lahir rendah tertinggi (12,30%) dan kasus malaria positif tertinggi kedua (100 kasus). Desa Kuanheun, salah satu desa di Kecamatan Kupang Barat, merupakan desa mitra Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Kupang. Empat orang ibu hamil di desa ini termasuk dalam kategori berisiko. Pelaksaan kelas ibu hamil di desa ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu hamil terhadap tanda-tanda bahaya kehamilan. Metode yang digunakan adalah penyuluhan. Kegiatan dilaksanakan di Puskesmas Pembantu yang dihadiri oleh 21 orang ibu hamil. Pengetahuan ibu mengalami peningkatansetelah mengikuti kelas ibu hamil. Nilai mean meningkat dari 39.00 menjadi 72.05 ((p-value = 0.001). Sikap ibu juga meningkat dimana nilai meanmeningkat dari 43.67 menjadi 75.48 ((p-value = 0.000). Kegiatan promosi kesehatan melalui kelas ibu hamil harus diterapkan di fasilitas kesehatan desa. Perlu adanya dukungan dari pemerintah desa dan masyarakat dalam menyiapkan fasilitas pelaksanaan kelas ibu hamil.  Kegiatan kelas ibu hamil sebaiknya melibatkan keluarga.

Published
2022-08-25
How to Cite
BETAN, Mariana oni. Kelas Ibu Hamil Dalam Upaya Deteksi Dini Tanda Bahaya Kehamilan Di Desa Kuanheun Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Jajama (JPMJ), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 44-50, aug. 2022. ISSN 2963-8534. Available at: <https://ejournal.pancabhakti.ac.id/index.php/jpmj/article/view/190>. Date accessed: 27 nov. 2022.