Pelayanan Pemeriksaan Kehamilan Dan Penyuluhan Tanda Bahaya Kehamilan Di Praktik Mandiri Bidan Maria Dwi Sapta, S.ST Bandar Lampung

  • Nidya Aryani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panca Bhakti

Abstract

Tanda bahaya kehamilan harus dikenali dan terdeteksi sejak dini sehingga dapat ditangani dengan benar karena setiap tanda bahaya kehamilan bisa mengakibatkan komplikasi kehamilan. Tanda bahaya kehamilan antara lain perdarahan pervaginam, bengkak pada muka atau tangan, sakit kepala yang hebat, penglihatan kabur, nyeri abdomen bagian bawah, janin kurang bergerak seperti biasanya, dan ketuban pecah dini.  Pelayanan pemeriksaan kehamilan dan penyuluhan tanda bahaya kehamilan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan ibu hamil melakukan pemeriksaan kehamilan dan menambah pengetahuan ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan.  Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan pemeriksaan kehamilan dan memberikan penyuluhan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi terkait tanda bahaya kehamilan. Hasil kegiatan ini adalah ibu hamil memahami tanda bahaya kehamilan dan selanjutnya akan rutin untuk melakukan pemeriksaan kehamilan untuk mendeteksi resiko kehamilan sedini mungkin.

Published
2022-08-25
How to Cite
ARYANI, Nidya. Pelayanan Pemeriksaan Kehamilan Dan Penyuluhan Tanda Bahaya Kehamilan Di Praktik Mandiri Bidan Maria Dwi Sapta, S.ST Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Jajama (JPMJ), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 30-35, aug. 2022. ISSN 2963-8534. Available at: <https://ejournal.pancabhakti.ac.id/index.php/jpmj/article/view/188>. Date accessed: 27 nov. 2022.