Pengaruh Edukasi Strategi Koping Stres Dengan Media Video Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Keperawatan Anestesiologi
Abstract
Remaja yang memasuki fase akhir remaja sering kali mengalami transisi signifikan saat memasuki lingkungan perkuliahan. Transisi ini dapat menimbulkan stres, khususnya stres akademik, yang timbul karena tuntutan akademik yang diterima. Seseorang yang merasakan stres dan tekanan psikologis lainnya cenderung mengadaptasi diri dengan mencoba cara untuk mengatasi tekanan stres yang mereka rasakan, yang dikenal sebagai koping stres. Dengan menerapkan strategi koping yang efektif, diharapkan mahasiswa dapat mengelola dan bertahan dalam menghadapi berbagai tuntutan akademik yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh edukasi strategi koping stres menggunakan media video terhadap tingkat stres akademik mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling dan jumlahnya dihitung menggunakan rumus Slovin dengan hasil 60 sampel. Analisis statistik non-parametrik Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000, yang mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara tingkat stres akademik mahasiswa sebelum dan setelah mendapatkan edukasi strategi koping stres melalui media video. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai informasi dan evaluasi bagi institusi untuk perkembangan kesehatan mental mahasiswa khususnya terkait bagaimana penanganan stres yang benar.