Efektivitas Penerapan Case Method Dan Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Skill Mahasiswa Pada Teknik Pijat Bayi Sehat

  • Rahmah Fitria Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panca Bhakti

Abstract

Kemampuan berpikir kritis yang didapatkan dengan metode pembelajaran case method menjadi dasar bagi mahasiswa untuk dapat menentukan skill yang dibutuhkan sesuai kasus sehingga mahasiswa dapat meningkatkan skill tersebut dengan metode praktikum. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan menggunakan case method untuk kasus yang membutuhkan pijat bayi sehat dan meningkatkan skill mahasiswa dengan menggunakan metode praktikum untuk keterampilan melakukan teknik pijat bayi sehat di Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Neonatus Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di STIKes Panca Bhakti. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi DIII Kebidanan semester 3 berjumlah 29 mahasiswa. Kegiatan ini direncanakan dilaksanakan pada 1 s.d 8 September 2023. Pembelajaran dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pada hari senin, selasa dan kamis untuk lab mandiri. Kegiatan pembelajaran dilakukan selama 100 menit teori dan 340 menit praktik di laboratorium menggunakan metode praktikum. Hasil memperlihatkan ada kemajuan nilai rata-rata pada peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dan peningkatan skill praktik mahasiswa terhadap pijat bayi sehat dari siklus I ke siklus II dan diperkuat dengan pelaksanaan lab mandiri terjadwal.  Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa Case Method dan Metode Praktikum efektif digunakan dalam strategi pembelajaran untuk meningkatkan Kemampuan berpikir kritis dan skill mahasiswa pada teknik pijat bayi sehat di Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Neonatus Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah.


 

Published
2024-04-30
How to Cite
FITRIA, Rahmah. Efektivitas Penerapan Case Method Dan Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Skill Mahasiswa Pada Teknik Pijat Bayi Sehat. Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 12-21, apr. 2024. ISSN 2615-8604. Available at: <https://ejournal.pancabhakti.ac.id/index.php/jkpbl/article/view/293>. Date accessed: 18 may 2024. doi: https://doi.org/10.47218/jkpbl.v12i1.293.