Hubungan Pengetahuan Dengan Kepesertaan BPJS Pada Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran

  • Nidya Aryani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panca Bhakti
  • Rizka Ahsanul Fitri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panca Bhakti

Abstract

Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia. Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang salah satu programnya adalah Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang mengamanatkan bahwa jaminan sosial wajib bagi seluruh penduduk melalui suatu Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat hubungan pengetahuan dengan kepesertaan BPJS pada masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Gedung Tataan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan design penelitian cross sectional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan sampel berjumlah 60 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis bivariat chi-square. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sebagian besar responden adalah peserta BPJS sebesar 91,7% dan ada hubungan pengetahuan dengan kepesertaan BPJS (pvalue=0,000).

Published
2023-04-09
How to Cite
ARYANI, Nidya; FITRI, Rizka Ahsanul. Hubungan Pengetahuan Dengan Kepesertaan BPJS Pada Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 11-17, apr. 2023. ISSN 2615-8604. Available at: <https://ejournal.pancabhakti.ac.id/index.php/jkpbl/article/view/224>. Date accessed: 17 june 2024. doi: https://doi.org/10.47218/jkpbl.v11i1.224.