Hubungan Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Digital Marketing Dengan Penggunaan Jasa Layanan Prenatal Yoga

  • Kurnia Putri Cantyka Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan
  • Erna Rahma Yani Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan
  • Ira Titisari Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan

Abstract

Instagram sebagai bentuk media sosial, telah banyak dimanfaatkan dalam kehidupan masyarakat, salah satunya sebagai sarana marketing. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan pemanfaatan instagram sebagai sarana digital marketing dengan penggunaan jasa layanan prenatal yoga. Penelitian dilakukan dengan pendekatan cross-sectional. Responden sebanyak 35 orang, merupakan para pengikut (followers) akun Instagram Rina Yoga dan Puri Dahayu Home Treatment sebagai penyedia jasa layanan prenatal yoga di Kota Kediri. Pengumpulan data yang berhubungan dengan pendapat responden dilakukan dengan kuesioner, sedangkan untuk mengetahui jumlah pengikut dan fitur yang digunakan dilakukan dengan observasi. Data yang didapatkan di analisis menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan kedua akun memanfaatkan 9 fitur pada Instagram sebagai sarana marketing. Penggunaan jasa layanan oleh responden menunjukkan bahwa mayoritas akan menggunakan jasa layanan. Analisis chi-square menunjukkan (p-value= 0,002<α (0, 05)) sehingga bisa disimpulkan bahwa ada hubungan pemanfaatan instagram sebagai sarana digital marketing dengan penggunaan jasa layanan prenatal yoga.

Published
2022-10-31
How to Cite
CANTYKA, Kurnia Putri; YANI, Erna Rahma; TITISARI, Ira. Hubungan Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Digital Marketing Dengan Penggunaan Jasa Layanan Prenatal Yoga. Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 74-89, oct. 2022. ISSN 2615-8604. Available at: <https://ejournal.pancabhakti.ac.id/index.php/jkpbl/article/view/175>. Date accessed: 10 dec. 2023. doi: https://doi.org/10.47218/jkpbl.v10i2.175.