Hubungan Pekerjaan, Pengetahuan Dan Sosial Ekonomi Dengan Inisiasi Menyusu Dini Di Puskesmas Rawat Inap Kota Karang Kota Bandar Lampung

  • Rusmala Dewi

Abstract

Inisiasi menyusu dini adalah langkah keempat dalam penunjang keberhasilan asi eksklusif. Keberhasilan inisiasi menyusu dini juga merupakan salah satu faktor keberhasilan asi eksklusif. Inisiasi menyusu dini tidak hanya dilakukan di rumah sakit, tetapi dilakukan di rumah bersalin dan puskesmas rawat inap yang menerima pelayanan persalinan. Tujuan penelitian ini adalah agar diketahui hubungan pekerjaan, pengetahuan dan sosial ekonomi dengan inisiasi menyusu dini. Desain penelitian ini adalah pendekatan Cross Sectional. Jumlah sampel sebanyak 114 ibu yang melahirkan di Puskesmas Rawat Inap Kota Karang Kota Bandar Lampung. Hasil uji didapatkan pelaksanaan inisiasi menyusu dini sebesar 60,52%. Terdapat hubungan yang bermakna antara pekerjaan (p value 0,004), pengetahuan (p value 0,031), dan sosial ekonomi (p value p,023) dengan inisiasi menyusu dini. Hasil penelitian ini memotivasi agar petugas kesehatan dapat lebih meningkatkan pelaksanaan inisiasi menyusu dini.

Published
2017-11-02
How to Cite
DEWI, Rusmala. Hubungan Pekerjaan, Pengetahuan Dan Sosial Ekonomi Dengan Inisiasi Menyusu Dini Di Puskesmas Rawat Inap Kota Karang Kota Bandar Lampung. Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 40-45, nov. 2017. ISSN 2615-8604. Available at: <http://ejournal.pancabhakti.ac.id/index.php/jkpbl/article/view/8>. Date accessed: 18 july 2019.
Section
Articles