Efektifitas Penggunaan Aromaterapi Untuk Menurunkan Kerusakan Kelanjar Ludah Pada Pasien Kanker Tiroid Yang Menjalani Terapi Radioactif Iodine Di Rumah Sakit Kanker Darmais Jakarta

  • Dewi Damayanti

Abstract

Terapi Radioactif Iodine merupakan salah satu terapi yang terbukti efektif untuk membasmi sel kanker setelah setelah menjalani oprasi tiroidektomi total. Meskipun cukup aman , terapi radioiodine (Rait) tidak selalu tanpa efek samping. Masalah yang sering terjadi selama pemberian Radioio-Iodine Terapi (Rait) adalah terjadinya penurun atau kerusakan pada kelenjar ludah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan aromatherapi kombinasi citrus lemon dan jahe dalam mengurangi kerusakan kelenjar ludah pasca pemberian terapi iodine. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi efek samping yang terjadi pada kelenjar ludah selama dan setelah pemberian terapi radioactif Iodine sehingga dapat meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup pasien dengan kanker tiroid yang diukur menggunakan VAS (visual analog scale questionnaire for subjective assessment of salivary dysfunction). Metodologi dan pendekatan adalah penerapanevidence based nursing practice adalah pendekatan model Stetler. Tehnik pengambilan sampel dialakukan dengan tehnik purposif sampling. Data dianalisis dengan mengunkaan test Wilcokson Sign Test.Hasil penelitian ini Kesimpulan signifikasi lebih kecil atau sama dengan < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa pemberian aromatheraphy kombinasi citrus lemon dan jahe memberikan pengaruh pada penurunan kerusakan kelenjar ludah pada pasien kanker tiroid yang menjalani terapi tadioactifiodine.Rekomendasi Penggunaan Aroma terapi kombinasi Citrus Lemon dan Jahe hendaknya menjadi pilihan terapi non farmakologi yang dapat dilaksanakan oleh perawat sebagai bagian dari tindakan keperawatan untuk mengurangi kerusakan kelenjar ludah selama dan setelah pemberian terapi radioactif Iodine pada pasien kanker tiroid.

Published
2017-11-02
How to Cite
DAMAYANTI, Dewi. Efektifitas Penggunaan Aromaterapi Untuk Menurunkan Kerusakan Kelanjar Ludah Pada Pasien Kanker Tiroid Yang Menjalani Terapi Radioactif Iodine Di Rumah Sakit Kanker Darmais Jakarta. Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 46-54, nov. 2017. ISSN 2615-8604. Available at: <http://ejournal.pancabhakti.ac.id/index.php/jkpbl/article/view/7>. Date accessed: 21 oct. 2019.
Section
Articles