Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemeriksaan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Di Puskesmas Panjang Dan Puskesmas Sukaraja Kota Bandar Lampung

  • Rini Deska

Abstract

Kanker leher rahim merupakan penyakit penyebab kematian terbesar ke-8 didunia, di Indonesia diantara penyakit kanker, penyakit kanker leher rahim penyumbang kematian ke dua. Kasus kematian ini semakin tinggi karena pasien datang kepelayanan kesehatan pada stadium lanjut, sehingga perlu pemeriksaan dini pada orang yang beresiko. Sejak tahun 2007 Kemenkes RI telah mengembangkan program deteksi dini kanker leher rahim. Data Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung 2015, pencapaian target deteksi dini kanker leher rahim puskesmas Panjang 0,14% dan puskesmas Sukaraja 0,20%. Hasil ini masih belum mencapai target 10%. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim di puskesmas Panjang dan pukesmas Sukaraja Kota Bandar Lampung tahun 2017. Jenis penelitian ini survai analitik dengan pendekatan kuantitatif, berdesain Cross Sectional. Populasi adalah semua pasien wanita berumur 20 tahun lebih yang datang ke Puskesmas Panjang dan Puskesmas Sukaraja, sebanyak 2.801orang. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tabel penentuan, dengan jumlah sampel 111 orang. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan tehnik wawancara. Analisis univariat dengan persentase, bivariat dengan chi square, dan multivariat dengan regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh faktor predisposisi yaitu pendidikan OR 4,626 dan pengetahuan OR 0,217. Yang artinya responden yang berpendidikan tinggi dan pengetahuan baik peluangnya lebih besar melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim dibanding dengan pendidikan rendah dan pengetahuan kurang. Saran bagi Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, bekerjabersama dengan pemerintah kota dan propinsi. Peningkatan kualiastas, kuantitas nakes tentang deteksi dini kanker leher rahim sehingga banyak nakes yang memberikan penyuluhan di masyarakat. Bagi Puskesmas melakukan peningkatan kegiatan penyuluhan, tentang deteksi dini kanker leher rahim dengan menggunakan berbagai media di kegiatan pelayanan atau kegiatan yang ada di masyarakat.

Published
2017-11-02
How to Cite
DESKA, Rini. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemeriksaan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Di Puskesmas Panjang Dan Puskesmas Sukaraja Kota Bandar Lampung. Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 17-30, nov. 2017. ISSN 2615-8604. Available at: <http://ejournal.pancabhakti.ac.id/index.php/jkpbl/article/view/5>. Date accessed: 21 oct. 2019.
Section
Articles