PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN KEBERHASILAN INISIASI MENYUSUI DINI

Main Article Content

Akma Listiana Novi Estiana Jasa

Abstract

Abstrak


 


Pendahuluan: Inisiasi menyusui dini merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalisasi pemberian ASI secara eksklusif. WHO dan UNICEF telah merekomendasikan inisiasi menyusui dini sebagai tindakan life saving karena dengan keberhasilan inisiasi menyusui dini 22 % angka kematian bayi usia 0-28 hari bisa diturunkan. Pada bulan januari – juli tahun 2018 di BPM Syifa amaliyah, AMd.Keb hanya 20 % atau sebanyak 4 orang dari 20 orang ibu bersalin yang berhasil melakukan inisiasi menyusi dini pada bayinya. Pada bulan juli tahun 2018 dari 4 orang ibu bersalin hanya 1 orang ibu bersalin mengetahui inisiasi menyusui dini dan mendapat dukungan dari suami untuk inisiasi menyusui dini.


Metode: Rancangan penelitian adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sample adalah 30 orang ibu bersalin dari populasi yang ada. Tekhnik sampling yaitu accidental sampling dengan menggunakan analisa univariate dan bivariate.


Hasil :Hasil penelitian diperoleh pengetahuan ibu tentang inisiasi menyusui dini di BPM. Syifa Amaliyah, AMd.Keb pada bulan Juli – Desember tahun 2018 yang kurang terdapat 18 orang, yaitu 60 % sedangkan dukunan suami terhadap inisiasi menyusui dini di BPM.Syifa Amaliyah AMd.Keb pada bulan Juli-Desember tahun 2018 yang tidak mendukung responden terdapat 17 orang, yaitu 56,7 %.


Kesimpulan:  kesimpulan dari penelitian adalah ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan dukungan suami terhadap keberhasilan inisiasi menyusui dini. Dari kesimpulan tersebut maka penulis memberikan saran antara lain untuk masyarakat, institusi pelayanan kesehatan, institusi pendidikan dan tempat penelitian agar lebih meningkatkan pengetahuan dan dukungan suami terhadap inisiasi menyusui dini.


Kata Kunci : Dukungan Suami, Keberhasilan Inisiasi Menyusui Dini, Pengetahuan Ibu

Article Details

How to Cite
LISTIANA, Akma; JASA, Novi Estiana. PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN KEBERHASILAN INISIASI MENYUSUI DINI. Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 78-86, oct. 2020. ISSN 2615-8604. Available at: <http://ejournal.pancabhakti.ac.id/index.php/jkpbl/article/view/101>. Date accessed: 27 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.47218/jkpbl.v8i2.101.
Section
Articles